Langsung ke konten utama

Resume Kajian Ustadz Salim A Fillah

  USTADZ SALIM A FILLAH MASUKNYA ISLAM KE NUSANTARA RESUME KAJIAN AKBAR MASJID AL IRSYAD SURABAYA Ada 7 gelombang masuknya Islam ke nusantara: Surat dari Sri Indrawarman (Raja Sriwijaya yang hidup semasa dengan Muáwiyah bin Abu Sufyah hingga Umar Bin Abdul Aziz) kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz agar beliau mengirimkan guru agama ke Sriwijaya. Suratnya masih ada di museum London. Berikut isi suratnya : "Dari Raja sekalian para raja yang juga adalah keturunan ribuan raja, yang isterinya pun adalah cucu dari ribuan raja, yang kebun binatangnya dipenuhi ribuan gajah, yang wilayah kekuasaannya terdiri dari dua sungai yang mengairi tanaman lidah buaya, rempah wangi, pala, dan jeruk nipis, yang aroma harumnya menyebar hingga 12 mil. Kepada Raja Arab yang tidak menyembah tuhan-tuhan lain selain Allah. Aku telah mengirimkan kepadamu bingkisan yang tak seberapa sebagai tanda persahabatan. Kuharap engkau sudi mengutus seseorang untuk menjelaskan ajaran Islam dan segala hukum-hukumnya kepa

Yang tidak Bisa Dihindarkan

Aku bermimpi untuk terbangun lebih awal. Kulihat beberapa orang sibuk mengaji. Aku heran, ada apa, apa yang mereka lakukan selarut ini dengan lantunan ayat - ayat suci. Tidak kah mereka mengantuk. Mengapa tidak kembali lagi ke dalam peraduan dalam kehangatan sang selimut.


Pelan, aku mencoba mendekat. Lantunan ayat suci itu kini semakin jelas terdengar oleh telingaku. Merdu. Aku memuji mereka yang melantunkannya dengan penuh kesungguhan hati. Bahkan aku juga baru menyadari, mereka tak hanya sekedar mengaji, pun mereka menangis sambil melantunkan ayat suci.


Apa gerangan yang membuat mereka menangis? Ada apa?


Aku kembali beringsut dari dudukku, kali ini lebih dekat melihat orang - orang itu. Mata mereka sembab, merah, lebih merah daripada bawang merah. Dan kusaksikanlah, sesosok tubuh yang terbujur kaku di hadapan mereka. Air mataku pecah. Bagaimana mungkin sosok itu terbaring di sana sementara jiwanya masih mengembara?


Ya, sosok yang terbujur dengan nafas sirna itu adalah aku.



What?


Ketika seorang bayi lahir, ia menjerit dan menangis. Tapi lihatlah dunia sekitarnya malah tersenyum bahkan tertawa menyambut kedatangan makhluk baru itu. Apakah kita tahu kenapa si Bayi menangis? Karena dia tidak senang berada di dunia, sebenarnya. 


Apa yang terjadi saat ia meninggal? Banyak yang menangis dan bersedih atas kepergiannya. Padahal ia sendiri senang karena akan berjumpa dengan Pencipta-Nya. Tentu, ia akan ditangisi bila semasa hidupnya berguna untuk orang yang menangisinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingatlah Hari ini #1