Langsung ke konten utama

Resume Kajian Ustadz Salim A Fillah

  USTADZ SALIM A FILLAH MASUKNYA ISLAM KE NUSANTARA RESUME KAJIAN AKBAR MASJID AL IRSYAD SURABAYA Ada 7 gelombang masuknya Islam ke nusantara: Surat dari Sri Indrawarman (Raja Sriwijaya yang hidup semasa dengan Muáwiyah bin Abu Sufyah hingga Umar Bin Abdul Aziz) kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz agar beliau mengirimkan guru agama ke Sriwijaya. Suratnya masih ada di museum London. Berikut isi suratnya : "Dari Raja sekalian para raja yang juga adalah keturunan ribuan raja, yang isterinya pun adalah cucu dari ribuan raja, yang kebun binatangnya dipenuhi ribuan gajah, yang wilayah kekuasaannya terdiri dari dua sungai yang mengairi tanaman lidah buaya, rempah wangi, pala, dan jeruk nipis, yang aroma harumnya menyebar hingga 12 mil. Kepada Raja Arab yang tidak menyembah tuhan-tuhan lain selain Allah. Aku telah mengirimkan kepadamu bingkisan yang tak seberapa sebagai tanda persahabatan. Kuharap engkau sudi mengutus seseorang untuk menjelaskan ajaran Islam dan segala hukum-hukumnya kepa

Review Buku Jagalah Allah, maka Allah Akan Menjagamu

Buku Jagalah Allah, maka Allah Akan Menjagamu karangan Muhammad Yasir, Lc
Buku ini sejujurnya bukan secara khusus saya beli buat anak saya, namun saya membeli ini buku buat bacaan adik saya, Ela. Saya membeli buku ini di acara Islamic Book Fair tahun 2012 yang bertempat di Gedung Istora Bung Karno. Ketemu dengan buku ini juga tidak disengaja sih. Saya lewat di stand penerbitnya dan ada semacam pemberitahuan bahwa buku ini masuk kategori buku anak terbaik menurut IBF, saya pun segera memasukannya sebagai barang belanjaan.

Alhamdulillah, saya bersyukur dipertemukan oleh Allah dengan buku ini. Karena menurut saya, buku berjudul "Jagalah Allah, maka Allah Akan Menjagamu" karangan Muhammad Yasir, Lc yang diterbitkan oleh Al Kautsar Kids ini bagus sekali. Bukunya menampilkan kisah-kisah pilihan yang diambil dari hadist-hadist shahih, kisah para sahabat dan ada kisah para tabi'in juga. Bahasanya pun amat mudah dicerna oleh balita dan anak-anak.



Aisyah sudah berkenalan dengan buku ini sebelum ia berusia setahun. Padahal buku ini bukan buku khusus bagi bayi. Namun karena kami belum memiliki buku yang dirancang secara khusus untuk bayi, tak apalah merelakan beberapa halaman robek sana-sini. Semoga ke depan buku ini juga bisa ada versi khusus batitanya yang bahan kertasnya lebih tebal. Insya Allah, saya akan beli jika memang ada versi batitanya.

Baca juga tentang pentingnya meningkatkan kemampuan bahasa anak dengan buku.

Ada banyak kisah yang penuh hikmah dalam buku ini. Mulai dari kisah sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas tentang pesan Rasulullah untuk selalu menjaga Allah agar senantiasa kita ikuti perintah-Nya yang kemudian dijadikan sebagai judul buku ini. Adapula kisah Imam Ahmad Bin Hambal, Sang Pembela Al-Qur'an. Ketika penguasa saat itu menyatakan bahwa Al-Qu'ran adalah makhluk, Imam Ahmad bin Hambal tetap menyatakan bahwa Al-Qur'an itu adalah firman Allah. Beliau tetap kekeuh dengan prinsipnya meski harus menghadapi hukuman dari penguasa.

Salah satu kisah yang paling disukai Aisyah dalam buku ini adalah kisah Rezeki si Kucing Buta. Hal yang membuat dia suka kisah ini sebetulnya mungkin karena cara penyajian kami yang lebih interaktif saat membacakannya. Ya, karena dalam kisah ini ada kucing jadi kami menirukan juga suara kucing. Bagi anak seusia Aisyah, itu adalah sesuatu yang menarik.

 Kisah di bagian belakang buku tentang Rezeki Si Kucing Buta

 Dikisahkan bahwa ada seorang laki-laki yang memberi makan kepada seekor kucing namun kucing itu tidak memakan makanan tersebut dan malah membawa makanan itu pergi. Keesokan harinya hal yang seperti itu terjadi lagi. Lalu lelaki itu penasaran mengapa si Kucing tidak memakan makanan yang diberikan kepadanya. Dia kemudian mengikuti ke mana si Kucing pergi. Ternyata, kucing itu pergi menemui seekor kucing lain yang buta dan memberikan makanan yang diberikan oleh lelaki itu kepada kucing buta itu. Masya Allah ya, begitulah kiranya Allah pasti memberi rezeki untuk setiap makhluk-Nya.




Kata bijak yang ada di setiap kisah

Hal lain yang menjadi keunggulan buku ini adalah terdapat kata bijak di setiap kisahnya. Kadang berupa hadist, terjemahan ayat dalam Al-Qur'an, ucapan sahabat maupun tabi'in. Jadi jika Aisyah sudah terlihat bosan menunggu sebuah kisah selesai dibacakan dan hendak beralih ke halaman yang lain, saya hanya akan membaca kata bijaknya saja.

Okee...sekian dulu ya review buku Jagalah Allah, maka Allah akan Menjagamu. Semoga bermanfaat.

Salam,

Desy Jayanti

Komentar

  1. SubhanAllah, buku yg keren! Saya mau ceritain yg kucing buta itu ke anak2 nanti malam saat bedtime story ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya mbak... terima kasih ya mbak..sudah mau mampir di blog saya ini. salam kenal (:

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingatlah Hari ini #1