Langsung ke konten utama

Resume Kajian Ustadz Salim A Fillah

  USTADZ SALIM A FILLAH MASUKNYA ISLAM KE NUSANTARA RESUME KAJIAN AKBAR MASJID AL IRSYAD SURABAYA Ada 7 gelombang masuknya Islam ke nusantara: Surat dari Sri Indrawarman (Raja Sriwijaya yang hidup semasa dengan Muáwiyah bin Abu Sufyah hingga Umar Bin Abdul Aziz) kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz agar beliau mengirimkan guru agama ke Sriwijaya. Suratnya masih ada di museum London. Berikut isi suratnya : "Dari Raja sekalian para raja yang juga adalah keturunan ribuan raja, yang isterinya pun adalah cucu dari ribuan raja, yang kebun binatangnya dipenuhi ribuan gajah, yang wilayah kekuasaannya terdiri dari dua sungai yang mengairi tanaman lidah buaya, rempah wangi, pala, dan jeruk nipis, yang aroma harumnya menyebar hingga 12 mil. Kepada Raja Arab yang tidak menyembah tuhan-tuhan lain selain Allah. Aku telah mengirimkan kepadamu bingkisan yang tak seberapa sebagai tanda persahabatan. Kuharap engkau sudi mengutus seseorang untuk menjelaskan ajaran Islam dan segala hukum-hukumnya kepa

Menutup Aurat adalah Perisai Menjaga Fitrah Seksualitas #2

Masih berbicara tentang fitrah seksualitas. Kali ini kelompok dua mengangkat tema tentang menutup aurat yang menjadi perisai dalam menjaga fitrah seksualitas ini. Ngomong-ngomong dari hari pertama kita kenalan dengan fitrah seksualitas dan hari ini, saya belum membahas tentang apa itu fitrah seksualitas ya. Nah, fitrah seksualitas ini adalah cara seseorang bertindak dan berpikir sesuai dengan fitrahnya sebagai lelaki atau perempuan sejati.

Prinsip pendidikan fitrah seksualitas berbeda dengan pendidikan seks. Pendidikan fitrah ini dimulai sejak seorang anak berusia 0 bulan, seperti dalam bagan di bawah ini.
Nah, mengapa aurat dapat menjadi perisai pertahanan untuk menjaga fitrah ini. Karena aurat menjadi batasan bagian tubuh mana yang harus kita tutupi hingga tidak menimbulkan kekecewaan atau perasaan malu. Adapun batasan aurat laki-laki adalah dari pusar hingga ke lutut. Sedangkan perempuan seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan.

Menurut Ustadz Budi Ashari dalam Kajian Rutin Parenting Nabawiyah, anak-anak usia 3-4 tahun mulai diarahkan untuk menutup auratnya, dengan cara:
1. Dibiasakan untuk buang air kecil dan besar di dalam toilet
2. Tidak berlarian dengan aurat yang terbuka.
Untuk anak perempuan juga dilatih untuk menutupi auratnya, kecuali wajah, rambut, leher, kaki dan tangan di depan mahramnya. Juga menutupi dada, betis dan tangannya bahkan dibiasakan tidur dengan menggunakan celana panjang. Orang tua juga menampakkan ketidaksenangan jika hal ini dilanggar.

Sejak usia 5 tahun anak perempuan dilatih untuk tidak memasuki perkumpulan pria yang bukan mahram dan dimotivasi untuk mengenakan hijab ketika akan keluar rumah.Sehingga diharapkan saat ia berusia 10 tahun, ia sudah bisa berhijab.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingatlah Hari ini #1