Langsung ke konten utama

Resume Kajian Ustadz Salim A Fillah

  USTADZ SALIM A FILLAH MASUKNYA ISLAM KE NUSANTARA RESUME KAJIAN AKBAR MASJID AL IRSYAD SURABAYA Ada 7 gelombang masuknya Islam ke nusantara: Surat dari Sri Indrawarman (Raja Sriwijaya yang hidup semasa dengan Muáwiyah bin Abu Sufyah hingga Umar Bin Abdul Aziz) kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz agar beliau mengirimkan guru agama ke Sriwijaya. Suratnya masih ada di museum London. Berikut isi suratnya : "Dari Raja sekalian para raja yang juga adalah keturunan ribuan raja, yang isterinya pun adalah cucu dari ribuan raja, yang kebun binatangnya dipenuhi ribuan gajah, yang wilayah kekuasaannya terdiri dari dua sungai yang mengairi tanaman lidah buaya, rempah wangi, pala, dan jeruk nipis, yang aroma harumnya menyebar hingga 12 mil. Kepada Raja Arab yang tidak menyembah tuhan-tuhan lain selain Allah. Aku telah mengirimkan kepadamu bingkisan yang tak seberapa sebagai tanda persahabatan. Kuharap engkau sudi mengutus seseorang untuk menjelaskan ajaran Islam dan segala hukum-hukumnya kepa

UPKP V dan Sekolah lagi

Alhamdulillah, bulan April kemarin setelah lulus Ujian UPKP V, saya sudah menerima status kepangkatan yang baru sehingga saya sudah diperbolehkan untuk melanjutkan pendidikan master. 

Saat ada kabar tentang penyelenggaraan UPKP V, saya langsung minta tolong suami untuk mencetak semua bahan ajar yang digunakan buat persiapan UPKP tersebut. Namun ternyata beberapa bahan ajar khususnya tentang aturan kepegawaian sudah out of date sehingga ketika pihak panitia penyelenggara merelease bahan ajar yang digunakan sebagai acuan persiapan ujian, saya harus kembali mencetak semua bahan tersebut. Alhamdulillah, di Jogja banyak sekali percetakan yang menyediakan jasa cetak online. Jadi saya cukup mengirim filenya dan transfer biayanya kemudia mereka akan mengirim hasil cetakannya ke alamat saya. Dicetaknya juga sudah seperti buku jadi lebih ringan jika dibawa ke mana-mana.

Kabar baik lainnya, alhamdulillah, selain merealease bahan ajar dalam bentuk cetak, pihak penyelenggara PPSDM juga merealease materi versi suaranya. Jadi kita bisa mendengarkan rekaman materi tersebut saat kerja (tentu kerja yang sifatnya dengan otot aja ya kalo saya), atau saat berkendara, masak, nyetrika dan sebagainya. Alhamdulillah....

Untuk materi TPA nya, sama dengan materi sebelumnya. Saya kemarin belajar menggunakan TPA OTO Bapennas karena menurut saya dari tingkat kesulitannya lebih mudah daripada soal TPA USM STAN. Tantangannya adalah waktu yang terbatas. Jadi memang harus dilatih untuk mengerjakan soal sesingkat mungkin.

Lalu ada juga psikotes. Namun kemarin tidak semua peserta diwajibkan untuk mengikuti psikotes, karena dulu kami memang pernah ujian psikotes online. Dan saya alhamdulillah kemarin itu tidak perlu mengikuti ujian psikotes. Namun mungkin tipe psikotesnya sama seperti psikotes online yang pernah diselenggarakan.

Untuk teman-teman yang mungkin sedang akan mengikuti tes UPKP V, semoga Allah mudahkan ya dan diberi hasil yang terbaik dan yang membuahkan kebaikan.

***

Setelah UPKP V kemarin, saya ikut lagi ujian kompetensi kenaikan grade. Jaraknya tidak begitu lama. Sepertinya hanya sekitar dua bulan. Alhamdulillah, ujian itu bearti waktunya kita untuk merefresh kembali ilmu yang pernah kita pelajari sebelumnya atau mempelajari suatu ilmu baru yang memang seharusnya kita pelajari. Bismillah, semoga di setiap kesulitan dan ujian yang dihadapi, Allah berikan kemudahan yang banyak. Amin.

Dan sekarang, saya sedang menanti pengumuman tes tulis beasiswa MINTS 2022. Insya Allah pengumumannya tanggal 20 Juni nanti. Mohon doanya ya, semoga Allah berikan hasil yang terbaik dan yang membuah kebaikan. Jika lulus, alhamdulillah semoga Allah juga memudahkan tahapan berikutnya. Jika belum lulus, alhamdulillah juga, semoga Allah memberi kesempatan sekolah bagi saya yang lebih baik daripada itu.

Bismillah....

Sebagai manusia, saat-saat seperti ini kita hanya bisa berdoa dan berharap. Mempersiapkan hati apapun hasilnya nanti, insya Allah itu adalah yang terbaik menurut Allah. Karena saya sendiri sejujurnya juga tidak tahu mana hal yang terbaik untuk saya. Boleh jadi yang menurut saya baik namun menurut Allah bukan begitu. Jadi, bismillah, masya Allah, lahaula wala quwwata illa billah....

Selamat malam semuanya, semoga sehat selalu ya....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingatlah Hari ini #1