Langsung ke konten utama

Resume Kajian Ustadz Salim A Fillah

  USTADZ SALIM A FILLAH MASUKNYA ISLAM KE NUSANTARA RESUME KAJIAN AKBAR MASJID AL IRSYAD SURABAYA Ada 7 gelombang masuknya Islam ke nusantara: Surat dari Sri Indrawarman (Raja Sriwijaya yang hidup semasa dengan Muáwiyah bin Abu Sufyah hingga Umar Bin Abdul Aziz) kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz agar beliau mengirimkan guru agama ke Sriwijaya. Suratnya masih ada di museum London. Berikut isi suratnya : "Dari Raja sekalian para raja yang juga adalah keturunan ribuan raja, yang isterinya pun adalah cucu dari ribuan raja, yang kebun binatangnya dipenuhi ribuan gajah, yang wilayah kekuasaannya terdiri dari dua sungai yang mengairi tanaman lidah buaya, rempah wangi, pala, dan jeruk nipis, yang aroma harumnya menyebar hingga 12 mil. Kepada Raja Arab yang tidak menyembah tuhan-tuhan lain selain Allah. Aku telah mengirimkan kepadamu bingkisan yang tak seberapa sebagai tanda persahabatan. Kuharap engkau sudi mengutus seseorang untuk menjelaskan ajaran Islam dan segala hukum-hukumnya kepa

Ketapang Kotaku

Kabupaten Ketapang adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Ketapang, sebuah kota yang terletak di tepi Sungai Pawan. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 31.240,74 km² dan berpenduduk sebesar 427.460 Jiwa (2010). (Wikipedia)
  
Ketapang adalah kota halaman saya yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Saya dilahirkan, tumbuh besar, sekolah, menikah dan bekerja hingga sekarang di kota ini. Kalau mendengar kata Ketapang, biasanya orang-orang memikirkan Ketapang Gilimanuk di Jawa Timur. Itu lho penyeberangan sebelum menuju ke Bali. Teman kuliah saya dari Tegal ketika mendengar kabar dia penempatan di Ketapang kesannya senang, wah bisa sering main Bali, katanya. Ya, memang di Indonesia ini ada beberapa kota yang namanya Ketapang.
Saya pun sering dikira orang Jawa karena menyebutkan asal daerah saya dari Ketapang. Oleh sebab itu, ketika saya memperkenalkan diri saya sering menyertakan pula asa provinsi saya.

Sejarah berdirinya Ketapang tentu tidak bisa dilepaskan dari Kerajaan Tanjungpura. Kerajaan ini adalah salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di Pulau Kalimantan. Namun karena pusat kerajaan ini berpindah-pindah dari suatu tempat ke tempat yang lain, kita tidak bisa menemukan di mana keratonnya. Adapun keraton yang ada di Kabupaten Ketapang sekarang ini adalah Keraton Kerajaan Matan yang merupakan pemecahan dari Kerajaan Tanjungpura.

 Ketapang disebut Tanah Kayong. Ada yang mengatakan bahwa artinya tanah keberuntungan. Ada pula yang menyebutkan sebutan demikian karena konon orang Ketapang terkenal dengan ilmu kesaktiannya. Menurut saya pribadi, itu cuma opini orang-orang luar saja sih. Pernah gara-gara hal ini waktu ikut lomba mengarang tingkat provinsi semasa SD, saya dapat asrama yang kurang bagus dan terkesan angker just because orang tahunya kami dari Ketapang. Jadi kalau ada apa-apa kayak udah ada tamengnya. Padahal apa hubungannnya juga. Usut punya usut, saya pernah membaca dalam buku karangan Almarhum Pak Dardi, salah seorang pengarang sejarah di Kota Ketapang, disebutkan bahwa anggapan orang Ketapang itu orang sakti justru datang sejak pendudukan Belanda di Indonesia. Biasanya tentara kumpeni datang ke Ketapang tepatnya sedang berpatroli di Sungai Pesaguan dan sering menemukan makhluk-makhluk aneh yang mengganggu patrolinya yang sebenarnya adalah batang pisang yang didandani sebegitu rupa sehingga terlihat menyeramkan. Tapi sejujurnya saya kurang tahu secara persis sih apa makna kata kayong itu. Sebutan lain kota Ketapang adalam Kota Ale-Ale. Kenapa disebut dengan kota ale-ale? Karena di perairan sungai Ketapang, yaitu Sungai Pawan, banyak ditemukan ale-ale.

Ale-ale menjadi makanan khas kota Ketapang. Namun sayangnya saya merasa belum banyak jenis makanan yang menjadikan ale-ale sebagai ikon utama. Sejauh ini, olahan ale-ale yang saya ketahui antara lain ale-ale segar, pekasam ale-ale, dan baru-baru ini teman saya berinovasi membuat abon ale-ale dengan merk Abole. Mungkin nanti perlu kali ya dibuat rempeyek ale-ale, kaldu bubuk ale-ale, dan lain-lain.

Oke, demikian dulu ya tentang Ketapang. Lain hari, insya Allah saya akan bahas beberapa spot menarik di Ketapang dan informasi lain seperti penginapan, kos dan lain-lain di Ketapang.

Terima kasih
Semoga Bermanfaat

Desy Jayanti


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingatlah Hari ini #1