Langsung ke konten utama

Resume Kajian Ustadz Salim A Fillah

  USTADZ SALIM A FILLAH MASUKNYA ISLAM KE NUSANTARA RESUME KAJIAN AKBAR MASJID AL IRSYAD SURABAYA Ada 7 gelombang masuknya Islam ke nusantara: Surat dari Sri Indrawarman (Raja Sriwijaya yang hidup semasa dengan Muáwiyah bin Abu Sufyah hingga Umar Bin Abdul Aziz) kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz agar beliau mengirimkan guru agama ke Sriwijaya. Suratnya masih ada di museum London. Berikut isi suratnya : "Dari Raja sekalian para raja yang juga adalah keturunan ribuan raja, yang isterinya pun adalah cucu dari ribuan raja, yang kebun binatangnya dipenuhi ribuan gajah, yang wilayah kekuasaannya terdiri dari dua sungai yang mengairi tanaman lidah buaya, rempah wangi, pala, dan jeruk nipis, yang aroma harumnya menyebar hingga 12 mil. Kepada Raja Arab yang tidak menyembah tuhan-tuhan lain selain Allah. Aku telah mengirimkan kepadamu bingkisan yang tak seberapa sebagai tanda persahabatan. Kuharap engkau sudi mengutus seseorang untuk menjelaskan ajaran Islam dan segala hukum-hukumnya kepa

Tips Menyapih Anak Tanpa Drama

Memasuki usia 2 tahun dalam fase kehidupan seorang anak, seorang ibu biasanya mulai memikirkan bagaimana cara menyapihnya. Saya masih ingat meski samar tentang bagaimana dulu adik lelaki saya disapih oleh ibu. Ibu bilang bahwa beliau mengoleskan obat agar adik saya tidak lagi suka menyusui. Berbekal pengalaman itu, saya pun mengumpulkan berbagai informasi bagaimana anak saya nanti ketika saatnya disapih bisa disapih tanpa paksaan dan berbagai drama. 

Menginjak usia anak saya setahun lebih, saya mengumpulkan berbagai tips menyapih anak. Saya coba buka tips-tips beberapa mama di forum urban mama dan salah satunya adalah menyapih dengan memperlihatkan video ulang tahun kepada anaknya, lalu menyanyikan lagu selamat ulang tahun kemudian kepada anaknya dikatakan bahwa nanti saat ulang tahun kedua, dia tidak menyusu lagi.

Saya pun mencoba mempraktekan hal tersebut. Sekitar usia anak saya 15 bulanan, anak saya sedang bermain puzzle pasak miliknya. Lalu saya jadikan saja itu seolah-olah kue ulang tahunnya. Dan saya kemudian bersama dia menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Selepas menyusui pun saya sering sekali memberitahukan kepadanya bahwa nanti ketika usianya 2 tahun, dia tidak menyusu kepada saya lagi, kalau mau minum susu pakai gelas.

Treng treng treng...

Tepat tanggal 12 Rabiul Awal 1436 Hijriyah, sepekan lebih sebelum usia anak saya 2 tahun menurut penanggalan masehi, kami mengadakan acara syukuran di rumah. Kami mengundang anak-anak sekitar rumah. Dan tidak lupa juga kami menyanyikan lagu selamat ulang tahun bersama sehingga anak saya merasa saat itu dia berulang tahun.

Semua berlalu begitu saja hingga tiba di malam hari, anak saya mulai menolak menyusui. Saya heran kenapa anak saya menolak menyusui. Saya kemudian meminta dia untuk tetap menyusui karena memang usianya belum resmi 2 tahun menurut penanggalan masehi. Lalu kata ibu saya mungkin anak saya mengerti bahwa saat usianya 2 tahun seperti yang saya katakan kepadanya selama ini, waktunya dia berhenti menyusui.

Awalnya saya yang tidak mau disapih oleh anak asya. Karena kesannya mendadak banget gitu. Saya sempat merasakan bengkak pada PD saya. Tapi alhamdulillah, akhirnya saya bisa menerima keputusan anak saya ini.

Terima kasih ya, Sayang udah mau disapih tanpa banyak drama.

Semoga bermanfaat,
SALAM

Desy Jayanti

Komentar

  1. wah bisa kayanya dipraktekin ntar kalo dah punya baby lagi. trims mabk

    BalasHapus
  2. thnks sharingnya mbk. sangat bermanfaat buat aku yg blum nikah ini. izin noted y mbk :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingatlah Hari ini #1