Langsung ke konten utama

Resume Kajian Ustadz Salim A Fillah

  USTADZ SALIM A FILLAH MASUKNYA ISLAM KE NUSANTARA RESUME KAJIAN AKBAR MASJID AL IRSYAD SURABAYA Ada 7 gelombang masuknya Islam ke nusantara: Surat dari Sri Indrawarman (Raja Sriwijaya yang hidup semasa dengan Muáwiyah bin Abu Sufyah hingga Umar Bin Abdul Aziz) kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz agar beliau mengirimkan guru agama ke Sriwijaya. Suratnya masih ada di museum London. Berikut isi suratnya : "Dari Raja sekalian para raja yang juga adalah keturunan ribuan raja, yang isterinya pun adalah cucu dari ribuan raja, yang kebun binatangnya dipenuhi ribuan gajah, yang wilayah kekuasaannya terdiri dari dua sungai yang mengairi tanaman lidah buaya, rempah wangi, pala, dan jeruk nipis, yang aroma harumnya menyebar hingga 12 mil. Kepada Raja Arab yang tidak menyembah tuhan-tuhan lain selain Allah. Aku telah mengirimkan kepadamu bingkisan yang tak seberapa sebagai tanda persahabatan. Kuharap engkau sudi mengutus seseorang untuk menjelaskan ajaran Islam dan segala hukum-hukumnya kepa

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak dengan Buku


 Ketika anak saya memasuki usia 16 bulan, saya mulai merasa gundah dengan kemampuan bahasa anak saya. Adalah suatu hal yang lumrah bagi seorang ibu jika ia membandingkan pertumbuhan dan perkembangan anaknya dengan anak yang lain. Sebagai seorang ibu muda, hal tersebut berlaku juga dengan saya.


Anak saya relatif lebih pendiam daripada anak tetangga. Sejujurnya banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Saya pun mencoba mencari informasi seputar tumbuh kembang anak. Di usia 16 bulan itu, sejujurnya anak saya sudah menguasai lebih dari empat kata bermakna, sudah bisa berhitung tapi dia belum bisa meminta sesuatu sesuai dengan keinginannya. Oleh sebab itu, saya kemudian membawanya ke dokter anak yang ada di kota saya.

Dokter memeriksa dan menanyakan beberapa hal terkait anak saya, mulai dari memeriksa pendengarannya, apakah bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Seperti yang kita ketahui, untuk bisa berbicara dengan baik, kita bukan hanya harus memiliki otot-otot mulut yang kuat tapi juga telinga yang bisa berfungsi dengan baik. Alhamdulillah, pendengaran anak saya tidak masalah.

Lalu dokter menanyakan bagaimana kehidupan kami sehari-hari di rumah. Apakah kami menggunakan lebih dari satu bahasa yang membingungkan bagi anak. Setelah saya renungi, sebenarnya kami memang menggunakan lebih dari satu bahasa di rumah. Ibu saya menggunakan bahasa melayu sebagai bahasa sehari-hari, sementara saya dan suami menggunakan bahasa Indonesia, saya pun seringkali membiasakan bahasa Indonesia kepada anak saya. Dokter menyarankan agar kami sebaiknya menggunakan satu bahasa terlebih dahulu.

Lalu stimulasi lain yang juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa anak adalah melalui bernyanyi dan membacakan buku. Saya akui sebelum dokter menyarankan untuk mengajak anak saya bernyanyi saya memang agak jarang mengajaknya bernyanyi. Sejak itu, saya secara sadar dan sungguh-sungguh mengajak anak saya bernyanyi. Saya sering mengarang lagu sendiri buat anak saya dengan lirik yang telah disesuaikan dan nadanya dari lagu yang telah ada.

Saya juga mulai mencarikan buku-buku yang bagus dan sesuai dengan perkembangan anak saya. Sejujurnya sejak usia anak saya 6 bulan, saya sudah mulai membacakannya buku. Saya ajak dia membolak-balik halaman buku. Saya ceritakan padanya gambar-gambar yang ada di dalam buku itu. Namun karena buku yang saya berikan pada anak saya bukan buku yang dirancang secara khusus untuk bayi, maka buku-buku tersebut kebanyakan hanya bisa bertahan utuh sehari atau dua hari. 

Alhamdulillah, mendekati usia anak saya yang keduapuluh bulan, saya bertemu dengan buku sirah nabawiyah yang cocok untuk anak dan balita. Saya ingin bisa meningkatkan kemampuasn bahasa anak sekaligus bisa mengenalkan cerita nabi sejak usia dini. Dan buku Muhammad Teladanku sudah bisa menjawab keinginan saya.

Paket Buku Muhammad Teladanku
Buku terbitan Syamil ini sejujurnya sudah saya incar sejak lama. Karena buku ini tidak bisa kita temukan di toko-toko buku dan hanya bisa dibeli langsung pada penerbitnya atau melalui salesnya saja. Buku ini terbilang cukup mahal untuk ukuran buku anak dan balita, yaitu seharga Rp. 4,350,000,00. Namun kemahalan itu bisa tergantikan dengan kualitas dan isinya yang jaga telah direkomendasikan sebagai buku bacaan di sekolah dasar dari MUI Jawa Barat. Buku ini bisa dibayar dengan cara cash dan angsuran. Jika kita membayar cash, seperti saya kemarin, saya langsung dapat diskon otomatis sebesar 20%. Kemudian untuk event-event tertentu, seperti Maulid Nabi, HUT NKRI dan sejenisnya biasanya penerbit akan memberikan tambahan diskon lagi yang bisa mencapai 40% lho. Inilah yang membuat saya tergiur. Begitu diskonnya 40%, saya langsung ingin seger beli.

Adapun spesifikasinya sebagai berikut:


Ukuran buku : 15 x 210 x 280 mm
Penulis naskah : Eka Wardhana dan Tim Kreatif Syamil Books
Hard cover,full color, kertas isi AP 190 gram

Muhammad Teladanku terdiri dari 16 buku utama dengan tema :

1.Kelahiran Rasulullah
2.Masa Muda
3.Menjadi Rasul
4.Ketabahan
5.Tanda-tanda Kemenangan
6.Madinah al Munawwarah
7.Mempersembahkan Islam
8.Perang Uhud
9.Perang Khandaq
10.Kemenangan di Khaibar
11.Penaklukan Mekah
12.Teladan Umat Manusia
13.Rasul Penyayang
14.Rasul yang Dicintai
15.Rasulullah Berkisah
16.Wafatnya Rasulullah

Selain itu dilengkapi dengan sarana interaktif yang mendukung berupa :

a. buku Mutiara Pelengkap : berisi ensiklopedi mini kartun dan kuis yang mendidik
b. buku Ensiklopedi Nabi Muhammad
c. Lima (5) buku Muhammad Teladanku edisi balita
d. Satu (1) CD interaktif
e. Satu (1) paket games
f. Tiga (3) poster ringkasan sirah nabawiyah

Nah, buat anak saya yang masih balita, dia suka sekali dengan CD yang berisi lagu dan cerita beserta buku Muhammad Teladanku edisi balita. Anak saya udah hapal sebagian besar isi ceritanya padahal dia belum bisa baca. Alhamdulillah, buku ini membantu meningkatkan kemampuan bahasa anak saya. 

Ini lima buku Muhammad Teladanku edisi balita
 Sekian dulu ya. Semoga bermanfaat.

SALAM

Desy Jayanti


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingatlah Hari ini #1