Langsung ke konten utama

Resume Kajian Ustadz Salim A Fillah

  USTADZ SALIM A FILLAH MASUKNYA ISLAM KE NUSANTARA RESUME KAJIAN AKBAR MASJID AL IRSYAD SURABAYA Ada 7 gelombang masuknya Islam ke nusantara: Surat dari Sri Indrawarman (Raja Sriwijaya yang hidup semasa dengan Muáwiyah bin Abu Sufyah hingga Umar Bin Abdul Aziz) kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz agar beliau mengirimkan guru agama ke Sriwijaya. Suratnya masih ada di museum London. Berikut isi suratnya : "Dari Raja sekalian para raja yang juga adalah keturunan ribuan raja, yang isterinya pun adalah cucu dari ribuan raja, yang kebun binatangnya dipenuhi ribuan gajah, yang wilayah kekuasaannya terdiri dari dua sungai yang mengairi tanaman lidah buaya, rempah wangi, pala, dan jeruk nipis, yang aroma harumnya menyebar hingga 12 mil. Kepada Raja Arab yang tidak menyembah tuhan-tuhan lain selain Allah. Aku telah mengirimkan kepadamu bingkisan yang tak seberapa sebagai tanda persahabatan. Kuharap engkau sudi mengutus seseorang untuk menjelaskan ajaran Islam dan segala hukum-hukumnya kepa

Saling Mengalah, Sebuah Nasihat Pernikahan


Menikah di awal usia dua puluhan merupakan salah satu keputusan besar yang pernah saya ambil dalam hidup saya. Oleh sebab itu, saya membutuhkan banyak sekali nasihat dari para pendahulu, termasuk orang tua, guru dan rekan-rekan tentang menjalani hari-hari dalam suatu biduk rumah tangga setelah akad nikah terlaksana. Dengan demikian harapan untuk menjadikan rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan rahmah itu tak hanya menjadi angan-angan semata.
Berbekal keinginan itulah, saya pun memohon izin pada orang tua saya agar nantinya ketika para tamu undangan pernikahan kami datang, mereka bisa memberikan nasihatnya agar keluarga kami menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah. Bagaimana caranya? Hal yang ada dalam pikiran saya hanyalah secarik kertas. Saya mengganti buku tamu yang biasanya disediakan untuk mengisi daftar hadir bagi para undangan dengan lembaran kertas origami warna-warni yang bisa ditulis. Setelah tamu undangan menuliskan nasihatnya bagi kami, kertas-kertas itu dikumpulkan ke dalam toples yang telah kami sediakan.
Alhamdulillah, banyak yang menuliskan nasihatnya. Banyak juga yang memberikan testimoni atau doa buat kami agar kami dikaruniakan anak-anak yang shaleh dan shalihah, agar kami bisa berbahagia sepanjang masa dan sebagainya. Ada pula yang menuliskan nama dan alamatnya selayaknya buku tamu biasa tanpa memberikan nasihat maupun testimoni. Tak apa. Alhamdulillah, saya sudah sangat bersyukur para tamu undangan telah berkenan hadir memberikan doa dan restunya kepada kami.
Dari semua nasihat yang telah saya baca itu, ada sebuah nasihat yang menurut saya amat berkesan. Nasihat ini diberikan oleh guru saya, Pak Priyanta. Nasihatnya singkat, jelas, dan lugas, yaitu "SALING MENGALAH".  Beliau pun kembali mengulangi nasihatnya itu kepada kami saat bersalaman dan selepas berfoto bersama.
Ya, saling mengalah.
Saya selalu mengingatnya bilamana ego saya dan suami mulai berbenturan. Saling mengalah-lah yang membuat suami bersabar saat merawat saya dan Aisyah di pekan-pekan pertama kelahirannya. Nasihat agar saling mengalah itulah yang membuat saya berusaha untuk tegar ketika suami mendapatkan kesempatan melanjutkan kuliah sekian kilometer jauhnya dari rumah sementara saya dan Aisyah tidak bisa ikut membersamainya. Saling mengalah. Jika saya tak mau mengalah dan tidak bisa menerima bahwa suami saya berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maka mungkin saja kesempatan itu tak akan datang lagi.

Terima kasih, saya ucapkan kepada guru saya, Pak Priyanta atas nasihat singkat, lugas dan jelasnya kepada kami.

Semoga bermanfaat ya,

Terima kasih.
Desy Jayanti

Komentar

  1. Saling Mengalah! Nasihat sederhana yang dalam maknanya...
    Memang sebuah pernikahan dimana dua ego disatukan tentu akan banyak menimbulkan benturan. Meski, status sudah jadi suami istri..
    Terima kasih sudah menuliskan ini, Mbak Desy...Semoga kita bisa menjalankan nasihat ini dalam pernikahan kita..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAAMIIN iya mbak....semoga kita bisa melaksanakannya ya... terima kasih sudah mampir di sini

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingatlah Hari ini #1