Langsung ke konten utama

Resume Kajian Ustadz Salim A Fillah

  USTADZ SALIM A FILLAH MASUKNYA ISLAM KE NUSANTARA RESUME KAJIAN AKBAR MASJID AL IRSYAD SURABAYA Ada 7 gelombang masuknya Islam ke nusantara: Surat dari Sri Indrawarman (Raja Sriwijaya yang hidup semasa dengan Muáwiyah bin Abu Sufyah hingga Umar Bin Abdul Aziz) kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz agar beliau mengirimkan guru agama ke Sriwijaya. Suratnya masih ada di museum London. Berikut isi suratnya : "Dari Raja sekalian para raja yang juga adalah keturunan ribuan raja, yang isterinya pun adalah cucu dari ribuan raja, yang kebun binatangnya dipenuhi ribuan gajah, yang wilayah kekuasaannya terdiri dari dua sungai yang mengairi tanaman lidah buaya, rempah wangi, pala, dan jeruk nipis, yang aroma harumnya menyebar hingga 12 mil. Kepada Raja Arab yang tidak menyembah tuhan-tuhan lain selain Allah. Aku telah mengirimkan kepadamu bingkisan yang tak seberapa sebagai tanda persahabatan. Kuharap engkau sudi mengutus seseorang untuk menjelaskan ajaran Islam dan segala hukum-hukumnya kepa

Latihan Membereskan Mainan Sendiri Hari Kedua


Hari ini adalah hari kedua tantangan 10 hari melatih kemandirian anak. Dan sesuai dengan tema one week one skill. Maka saya masih tetap mencoba mengajak Aisyah untuk membereskan mainannya.

Sesuai dengan saran dari fasilitator saya, Mbak Yuli, bahwa sebaiknya anak diberikan aturan untuk membereskan satu jenis mainannya dulu sebelum mengambil mainan yang lain. Namun Aisyah tampaknya belum bisa diajak melakukan saran itu sepenuhnya. Saya sudah mengingatkan dan mengajaknya untuk membereskan mainannya sebelum mengambil mainan lain tapi kadang ia belum mau dan tetap membuka kotak mainannya yang lain.

Saya kemarin mencoba menerapkan teknik membereskan mainan bersama sambil bermain peran yang dicontohkan oleh Bu Septi Peni Wulandari, founder IIP. Jadi kami menjadi semut sementara mainan yang berserakan adalah gula. Ada semut besar dan semut kecil memakan gula, lalu gula masuk ke dalam perut semut yang adalah kotak mainannya. Alhamdulillah, cara ini cukup membuat Aisyah tertarik membereskan mainannya dengan penuh semangat.

Dia bahkan berimajinasi menyendoki semut dengan nasi menggunakan potongan puzzlenya. Lalu semutnya mulai makan ikan dan sebagainya.
Alhamdulillah, apakah ibu punya ide lain agar anak bersemangat dan termotivasi untuk membereskan mainannya? Silahkan dituliskan ya. Terima kasih.

Sekian cerita hari ini. Semoga bermanfaat.

Salam,

Desy Jayanti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingatlah Hari ini #1