Langsung ke konten utama

Resume Kajian Ustadz Salim A Fillah

  USTADZ SALIM A FILLAH MASUKNYA ISLAM KE NUSANTARA RESUME KAJIAN AKBAR MASJID AL IRSYAD SURABAYA Ada 7 gelombang masuknya Islam ke nusantara: Surat dari Sri Indrawarman (Raja Sriwijaya yang hidup semasa dengan Muáwiyah bin Abu Sufyah hingga Umar Bin Abdul Aziz) kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz agar beliau mengirimkan guru agama ke Sriwijaya. Suratnya masih ada di museum London. Berikut isi suratnya : "Dari Raja sekalian para raja yang juga adalah keturunan ribuan raja, yang isterinya pun adalah cucu dari ribuan raja, yang kebun binatangnya dipenuhi ribuan gajah, yang wilayah kekuasaannya terdiri dari dua sungai yang mengairi tanaman lidah buaya, rempah wangi, pala, dan jeruk nipis, yang aroma harumnya menyebar hingga 12 mil. Kepada Raja Arab yang tidak menyembah tuhan-tuhan lain selain Allah. Aku telah mengirimkan kepadamu bingkisan yang tak seberapa sebagai tanda persahabatan. Kuharap engkau sudi mengutus seseorang untuk menjelaskan ajaran Islam dan segala hukum-hukumnya kepa

Mengajari Anak Kata Tolong


Hari ini Aisyah saya ajak bermain.dan belajar sepeda lagi. Lalu setelah selesai, dia belum ingin masuk rumah. Mungkin karena kami tak terlalu lama bersepeda hari ini jadi dia masih belum puas bermain.

Aisyah bermain-main dulu dengan alat pengais padi jemur milik ayah saya. Beberapa kali dia mendorong alat itu.

"Aisyah lagi apa?"
Aisyah tidak menjawab.
"Aisyah lagi jemur padi kah? Mana padinya?"
Dia mengais-ngais sampah dengan alat itu.
"Ooh...itu sampah, Sayang. Setelah dikumpulkan, tolong dibuang ya ke tempat sampah."
Lalu kami kemudian menggambar di atas pasir. Kalau giliran menggambar, Aisyah sukanya request gambar apa.

"Tempat tidur, Mamak. Tempat tidur," Aisyah minta digambarkan tempat tidur.
"Bilang tolong, Sayang."
"Tolong," katanya pelan.
"Mamak, tolong gambarkan Aisyah tempat tidur," kata saya mengulanginya pada Aisyah.

Lalu dia minta digambarkan bantal, guling, Aisyah tidur, selimut, kamar Aisyah dan lain-lain. Aisyah memang masih belajar berkomunikasi. Semoga Allah memudahkan prosesnya, Ya Nak. Semoga Aisyah bisa menjadi ahli komunikasi yang memberikan baktinya buat kemajuan umat.

Ketika ia meminta saya untuk melakukan sesuatu, itu saat yang tepat menurut saya mengajarkan kata tolong dan terima kasih. Pernah juga Aisyah bilang maaf saat ia merasa membuat mamaknya ini sedih ataupun khawatir.

Sekian cerita hari ini. Semoga bermanfaat.

Salam,
Desy Jayanti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingatlah Hari ini #1